.....

Kamis, 17 November 2011

PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
Pendidikan adalah proses mendewasakan manusia muda.
Budi à budaya (sansekerta)
Budi pekerti menurut Kamus Bahasa Indonesia kontemporer
1)      Budi adalah perpaduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk
2)      Budi adalah tabiat, akhlaq, watak
3)      Budi adalah kebaikan / perbuatan baik
4)      Budi adalah upaya, ikhtiar
Pendidikan itu merupakan alat untuk membentuk budi manusia.
Moral à mores (bahasa latin)
Moralà ajaran tentang kesusilaan
Taksonomi à manusia mempunyai 3 kemampuan
1.      Kognitif à learning by thinking
2.      Afektif à learning by feeling
3.      Psikomotor à learning by doing

Lorens Bagus
Moral itu menyangkut kegiatan-kegiatan manusia yang dipandang buruk / baik, benar / salah, tepat / tidak tepat atau menyangkut cara seseorang berhubungan / bertingkah laku dengan orang lain.
K. Bertens
Moral itu adalah nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang/kelompok yang mengatur tingkah lakunya.
ETIKA
Romo Frans Magnis Suseno
Etika merupakan filsafat/pikiran kritis yang mendasar tentang ajaran, norma-norma serta kebiasaan pandangan moral secara kritis.

Nilai Budaya adalah sesuatu yang bernilai untuk kepentingan hidup manusia.
Norma adalah ketentuan / aturan yang mengikat warga/kelompok yang dipakai sebagai panduan, tatanan dan kendali dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat.
Faktor yang mempengaruhi ketidakjujuran
a.       Ekonomi
b.      Lingkungan
c.       Terpaksa
d.      Ingin populer
e.       Ingin jalan pintas


ANALISIS PERSAMAAN dan PERBEDAAN KARAKTER, AKHLAK, dan MORAL (Buku:memaknai pendidikan karakter)

Pengertian Budi pekerti dalam kamus Bahasa Besar Bahasa Indonesia(1996:150)
Budi artinya
1)      Alat batin yang merupakan panduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk
2)      Tabiat, akhlak, watak
3)      Perbuatan baik, kebaikan
4)      Daya upaya, ikhtiar
5)      Akal
Budi pekerti diartikan sebagai tingkah laku, perangai, akhlak, watak.
Budi pekerti sama dengan akhlak, watak, tabiat, perbuatan baik, kebaikan.

MORAL
Pengertian moral dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (1996:150)
1)      (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dsb
2)      Kondisi mental yang membuat orang tetep berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin
3)      Ajaran kesusilaan yang dapat ditarik dari suatu cerita.
Moral adalah ajaran tentang moral.

KARAKTER
1)      Individu dalam kaitannya dengan kepribadian, tingkah laku/ tampilan karakter khas artinya pembeda / mewakili seseorang / hal tertentu

Karakter berdasarkan kajian kamus umum di atas merujuk pada beberapa hal berikut:
a.       Karakter dikenakan pada orang / bukan orang
Pendidikan karakter berkenan dengan orang
b.      Berkenaan dengan kualitas (bukan Kuantitas) dan reputasi orang
c.       Berkenaan dengan daya pembeda/ pembatas
d.      Karakter dapat merujuk pada kualitas negatif/positif

§      Karakter adalah kualitas orang dengan karakteristik tertentu.

Analisis Pedagogis
Karakter berada dalam wilayah disiplin-disiplin psikologi, etika, antropologi, budaya, dan pedagogika(membimbing anak)
o   Studi psikologi
Bersifat empiris analitis
o   Studi filsafat (etika)
Tertuju pada isi karakter/ajaran karakter/moral/etika/akhlak/susila. Studi etika bersifat rasional, radikal, kritis.
o   Studi antropologi budaya
Tertuju pada isi karakter/ajaran karakter/moral/etika/akhlak/susila dalam bentuknya yang empiris.
Studi pedagogika melibatkan semua studi tersebut dengan tujuan membantu individu/kelompok agar mengalami perkembangan karakterr/moral/akhlak/susila/watak/tabiat
Karakter terdapat pada kepribsdian. Karakter berkaitan dengan tingkah laku yang diatur oleh upaya dan keinginan.
Hati nurani adalah sebuah unsur esensial dari karakter, adalah pola kebiasaan perlarangan yang mengontrol tingkah Laku seseorang, membuatnya mmenjadi selaras dengan pola-pola kelompok yang diterima secara sosial.

Ajaran moral/moralitas
Etika adalah studi tentang kebaikan/hal yang baik/hal yang bernilai/moralitas/nilai dan studi tentang tindakan yang baik (Audi,1999:284)
Teori eudaimonia/human wellbeing/kesejahteraan manusia (kebahagiaan dan bertumbuh subur).
Perasaan senang / bahagia adalah komponen esensial kehidupan, dan karena itu harus menjadi tujuan kehidupan, dianut oleh hedonisme. Tokoh kelasiknya epicurus. Epicurus mengajarkan bahwa berbuat baik pengerahan daya intelektual seseorang dan kebajikan moral dengan cara teladan dan berguna.





 







Hedonisme dibagi menjadi 2:
a)      Hedonisme egoistik yang tertuju pada kesenangan pribadi
b)      Hedonisme universal yang tertuju pada kesenangan bersama/semua orang
Hedonisme abad modern berbeda dari ajaran epicurus.
Perfeksionis
Bukan perasaan senang sebagai komponen esensial kehidupan yang baik, tetapi adalah perbuatan baik; perbu atan baik membuat kita senang/bahagia, ini dianut oleh perfeksionisme. Tokohnya: plato, aristoteles, kaum stoik,nietcsche, muhammad iqbal.
Teori komponen esensial bertumpu pada asumsi bahwa manusia secara alami mencari kehidupan yang baik.
Teori nilai intrinsik adalah apa yang baik pada dirinya sendiri, dan seseorang dapat mengambil sebuah posisi terhadap isu tanpa terikat pada tesis apapun tentang realitas/ bukan realitas dari kebaikan/ tentang transenensi/ imanensinya.
Kebaikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan lainnya yang dianut oleh teori nilai instrumental.
prespek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com