.....

Kamis, 16 Juni 2011

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


10 Maret 2011
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Sejak Kapan pendidikan itu dimulai, Menurut para ahli
§  Dr. M. Ph. Kohnstamm
Pendidikan itu dimulai sejak lahir sampai meninggal  dunia. Kenapa? Karena manusia- manusia itu mempunyai kemungkinan-kemungkinan untuk memperbaiki diri
§  Prof. Dr. M. J Langeveld
Pendidikan itu dimulai jika pada anak itu sudah bisa mengikuti wibawa / setelah anak itu bisa membedakan baik atau buruk

             v. PERKEMBANGAN
Proses pematangan fungsi-fungsi yang non fisik (jiwa)
Perkembangan fisiko fisik sebagi hasildari proses pematangan fungsi-fungsi fisik dan fisik pada anak ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar pada masa waktu tertentu menuju kedewasaan 

Perkembangan itu sangat tergantung secara smultan (serta merta)
1)      Heredeter (turunan)
2)      Faktor lingkunngan (ada yang menguntungkan  ada yang merugikan)
3)      Kematangan fungsi-fungsi psikis
4)      Aktifitas anak sebagai subyek bebas yang berkemauan (anak itu mempunyai emosi) 



    Manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
1)      Untuk memahami garis besar pola umum perkembangan dan pertumbuhan anak tiap-tiap fase
2)      Dapat menimbulkab sikap senang bergaul dengan orang lain terutama anak dan remaja
3)      Dapat mengarahkan seseorang untuk berbuat  / bertingkahlaku dengan tingkat perkembangannya
4)      Khususnya bagi pendidik dapat mendidik dan memberi bimbingan kepada anak sesuai dengan perkembangan anak didiknya sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan sukses dalam mencapai tujuan





17 maret 2011
         v  PROSES PERKEMBANGAN     
       4 konsep bagaimana proses itu bisa terjadi
1.      Konsepsi Asosiasi (mempertautkan)
Pada hakekatnya perkembangan itu adalah proses asosiasi primer dalam bagian-bagian.
Skunder adalah keseluruhan.
Bagian-bagian itu timbul lebih dari pada keseluruhan, keseluruhan timbul dari bagian-bagian . bagian-bagian itu terikat satu sama lain oleh asosiasi kemudian menjadi keseluruhan.
Tokoh psikologi aliran asosiasi (inggris) à Hobbes, jammes, John Lock(teori tabularasa =scr harafiah meja lilin yang putih bersih kemudian timbul aliran neo assosiasi .
koneksionisme
Behaviorisme adalah tingkah laku tersusun dari unsur-unsur yang sudah tampak      pavloviamisme adalah tingkah laku tersusun dari unsur-unsur yang sudah tampak
Refleks: gerakan yang tidak disengaja
a.       Wajar àdibentuk sejak lahir
b.      Bersyaratàterbentuk dari pengalaman

2.      Konsepsi  gestalf (keseluruhan)
Lawan dari konseosi Assosiasi
Primer à keseluruhan
Sekunderà bagian-bagian
Bagian-bagian itu hanya mempunyai arti sebagai bagian dari keseluruhan dan dalam hubungan fungsional dalam bagian –bagian yang lain.
Pendiri konsepsi ini adalah Gestalf Wertheimeru adalah proses diferensiasi(PERBEDAAN).
Perkembangan itU adalah proses diferensiasi (PERBEDAAN).
Aliran ini juga menerangkan proses pengertian pada anak-anak , berkembang dengan yang disebut Neo gestalf yang di peroleh oleh Kurt Lewin
Proses di stratifikasi terhadap differansiasi.struktur pribadi manusia terdiri dari lapisan-lapisan yang makin lama makin bertambah.
·         Masih diikuti banyak orang, dan pengaruhnya semakin besar
3.      Aliran sosiologi
Menganggap bahwa perkembangan itu adalah proses sosialisasi anak manusia pada mulanya asosial / prasosial kemudian pada perkembangan disosialisasikan.
Tokoh aliran ini adalah James Mark Baldwin (ahli biologi psikologi filsafat sosiologi)pengaruh Baldwind terutama karena hipotesanya tentang Circular Reaction , yang berpangkal pada kesejajaran antara Ontogenese dan Psikologenese kesejajaran ini menerangkan perkembangan sebagai proses sosialisasi dalam bentuk imitasi yang berlangsung dengan adaptasi dan seleksi, berlangsung atas dasar hukum akibat / effect.
Kebiasaan2 itu adalah imitasi terhadap diri sendiri, sedangkan imitasi menurut Baldwin ada 2:
a)      Non delibrate imitation, kesadaran itu sedikit sekali / tidak ada
b)      Delibrate imitation, ada kesadaran
4.      Konsepsi Langeveld
Proses perkembangan manusia berdasarkan 4 asas:
a)      Asas biologis
b)      Asas ketidakberdayaan
c)      Proses keamanan
d)     Proses explorasi
24 maret 2011
HUKUM dan TEORI PERKEMBANGAN
A.    HUKUM TEMPO PERKEMBANGAN
Karteristik individu. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, tapi perbedaan itu sangat tipis. Bisa dipercepat dengan cara pendidikan, tapi jika terlalu berlebihan dapat berakibat tidak baik karena bisa merusak jasmani  dan menimbulkan efek psikologis yang lain .
B.     HUKUM IRAMA PERKEMBANGAN
Irama pada tiap individu itu tidak ajeg  dan pada saat tertentu akanm terjadi letupan-letupan / kegoncangan-kegoncangan. Letupan pertama terjadi pada umur 3-7thn, letuypan kedua terjadi pada umur 14-17thn.
Masa remaja (Strum and Drang)
Remaja awal 11/12-14 tahun
Remaja tengah 14-17 tahun
Remaja akhir  17-21 tahun
C.     TEORI MASA PEKA
Masa dimana suatu fungsi berkembang dengan baik.
Masa peka pada setiap anak berbeda dan tidak bias ditentukan usianya. Inagtan logis pada umur 12-13 tahun, menggambar pada umnur 5 tahun.
Maria Montessori à guru itu hanya bertugas mengikuti muridnya
Masa peka fungsi itu hanya sekali dating maka dari itu jangan disia-siakan dan harus dikembangkan.
Hokum tempo Dan irama tidak hanya berbeda antar anak satu dengan anak yang lain, akan tetapi fungsinya pu jg berbeda .
D.    TEORI MASA MENANTANG
Kegoncangan kadang-kadang dapat membawa perubahan yang radikal pada anak umur 3-5 tahun dan yang kedua pada umur 14-17 tahun. Pada saat itu anak memperlihatkan kenakalannya.
E.     TEORI REKAPITULASI
Perkembangan jiwa anak merupakan ulangan singkat dari perkembangan umat manusia


             FAKTA
Anak kecil mempunyai kesamaan dengan bangsa primitive seperti: suka warna mencolok, suka music yang keras. Priodisasi sesuai dengan perkembangan anak sesuai dengan jalan perkembangan umat manusia.
1)      Masa berburu (sampai usia 8 thn)
2)      Masa berternak (8-10 thn) senang memelihara binatang
3)      Masa bercocok tanam (10-12 thn)senang memelihara tanaman
4)      Masa berdagang (12-14 thn)
Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli biologi bernama Hackl Jermah

F.      TEORI PENJELAJAHAN dan PENEMUAN
M.j. Langeved seorang ahli pendidikan dari belandaà perkembangan itu sebagai proses penjelajahan dan penemuan.

 
31 maret 2011
PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
1)      Never ending procces
Perkembangan itu adalah proses yang tidak pernah berhenti. Manusia itu terus menerus berkembang dan berubah dan perkembangan itu dipengaruhi oleh belajar, pengalaman mulai dari konsepsi –mati.

2)      Semua aspek perkembangan itu saling mempengaruhi
Aspek perkembangan satu sama lain saling mempengaruhi  seperti: intelegensi, emosi, fisik

3)      Perkembangan itu mengikuti pola / arah terterntu
Terjadi secara teratur dan mengikuti pola tertentu. Setiap perkembangan itu merupakan hasil dari perkembangan sebelumnya dan merupakan syarat untuk perkembangan selanjutnya. Contoh: sebelum anak berjalan anak belajar berdiri terlebih dahulu.





          YELOU dan WEINSTEN (1977) mengemukakan tentang 6 arah tertentu:
a)      Cephalocaudal dan Proximaldistal
Perkembngan itu mulai dari kepala ke kaki  dan dari tengah ke samping

b)      Struktur mendahului fungsi
Artinya: anggota tubuh barun akan berfungsi  kalo strukturnya sudah matang / sempurna.

c)      Perkembangan itu berdifrensiasi
Berlangsung dari yang umum ke yasng khusus  dalam semua aspek perkembangan, baik motorik maupun psikis. Contoh: 1. Anak menendang-nendangkan kakinya, itu baru bersifat umum. Tapi lama-kelamaan akan mempunyai arti.

d)     Perkembangan itu berlangsung dari yang konkrit ke yangb abstrak
Menghitung menggunakan alat

e)      Perkembangan itu dari egosentris ke prespektif
Lingkungan itu harus memperhatikan kebutuhan anak. Anak memiliki sikap simpati.

f)       Perkembangan itu dari outter control to inner control
Awalnya dikontrol oleh orang lain dan selanjutnya akan bisa mengaontrol dirinya sendiri.




4)      Perkembangan itu terjadi pada waktu yang berlainan
Perkembangan otak mencapai puncaknya pada umur 6-8 tahun; Perkembagan kaki,tangan, hidung, dan organ lain pada saat remaja; Perkembangan imajinasi kreatif masa kanak-kanak puncaknya pada masa remaja.

5)      Setiap tahap / fase perkembangan mempunyai ciri tertentu
Anak mulai mengenal lingkungan pada umur 2 tahun
Anak sudah mengatahui lingkungannya  dan tetangganya dan menjadi manusia yang sosial pada umur 3-6 tahun.

5.      Setiap individu yang normal akan mengalami tahap / fase perkembangan
Mulai dari konsepsi, janin, lahir, bayi, anak, remaja, dewasa, tua, mati.

7 april 2011

FASE-FASE PERKEMBANGAN

Ø  Fase = periodisasi adalah Pembagian masa penghidupan anak / tahap
Ø  Tiap-tiap fase mempunyai struktur / sifat-sifat sendiri
Ø  Perubahan dari fase yang satu kefase yang lain merupakan perubahan yang bersifat kemajuan. Disebut juga sebagai tingkatan-tingkatan dalam penghidupan anak.
Ø  Para ahli berbeda pendapat tentang fase-fase ini tergantung pada sistematik dan pandangan penulis.
§  Periodisasi tersebut sbb:
A.    BERDASARKAN BIOLOGIS
I.            Aristoteles
a)      0.0 – 7.0
b)      7.0 – 14.0
c)      14.0 – 21.0
II.            Sigmund Freud
a)      0.0 – 1.0 fase oral
b)      1.0 – 3.0 fase anak
c)      3.0 -5.0 fase falis
d)     5.0 – 12.0 / 13.0 fase laTENT
e)      12.0 / 13.0 – 20.0 fase pubertas

B.     BERDASARKAN DIDAKTIS
I.            J.A. Comenius
Konsepsinya macam-macam sekolah yang disesuaikan dengan perkembangan jiwa anak
a)      0.0 – 2.0 scola materna (sekolah ibu)
Top of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com