10 Maret 2011
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Sejak Kapan pendidikan itu dimulai, Menurut para ahli
§
Dr. M. Ph. Kohnstamm
Pendidikan
itu dimulai sejak lahir sampai meninggal dunia. Kenapa? Karena manusia-
manusia itu mempunyai kemungkinan-kemungkinan untuk memperbaiki diri
§
Prof. Dr. M. J Langeveld
Pendidikan
itu dimulai jika pada anak itu sudah bisa mengikuti wibawa / setelah anak itu
bisa membedakan baik atau buruk
v. PERKEMBANGAN
Proses
pematangan fungsi-fungsi yang non fisik (jiwa)Perkembangan fisiko fisik sebagi hasildari proses pematangan fungsi-fungsi fisik dan fisik pada anak ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar pada masa waktu tertentu menuju kedewasaan
Perkembangan itu sangat tergantung secara smultan (serta merta)
1) Heredeter
(turunan)
2) Faktor
lingkunngan (ada yang menguntungkan ada yang merugikan)
3) Kematangan
fungsi-fungsi psikis
4) Aktifitas
anak sebagai subyek bebas yang berkemauan (anak itu mempunyai emosi)
Manfaat mempelajari
perkembangan peserta didik
1) Untuk
memahami garis besar pola umum perkembangan dan pertumbuhan anak tiap-tiap fase
2) Dapat
menimbulkab sikap senang bergaul dengan orang lain terutama anak dan remaja
3) Dapat mengarahkan
seseorang untuk berbuat / bertingkahlaku dengan tingkat perkembangannya
4) Khususnya
bagi pendidik dapat mendidik dan memberi bimbingan kepada anak sesuai dengan
perkembangan anak didiknya sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar
dan sukses dalam mencapai tujuan
17 maret 2011
v PROSES
PERKEMBANGAN
4 konsep bagaimana proses itu bisa terjadi
1.
Konsepsi
Asosiasi (mempertautkan)
Pada
hakekatnya perkembangan itu
adalah proses asosiasi primer dalam bagian-bagian.Skunder adalah keseluruhan.
Bagian-bagian itu timbul lebih dari pada keseluruhan, keseluruhan timbul dari bagian-bagian . bagian-bagian itu terikat satu sama lain oleh asosiasi kemudian menjadi keseluruhan.
Tokoh psikologi aliran asosiasi (inggris) à Hobbes, jammes, John Lock(teori tabularasa =scr harafiah meja lilin yang putih bersih kemudian timbul aliran neo assosiasi .
koneksionisme
Behaviorisme adalah tingkah laku tersusun dari unsur-unsur yang sudah tampak pavloviamisme adalah tingkah laku tersusun dari unsur-unsur yang sudah tampak
Refleks: gerakan yang tidak disengaja
a. Wajar
àdibentuk sejak lahir
b. Bersyaratàterbentuk
dari pengalaman
2.
Konsepsi
gestalf (keseluruhan)
Lawan
dari konseosi Assosiasi Primer à keseluruhan
Sekunderà bagian-bagian
Bagian-bagian itu hanya mempunyai arti sebagai bagian
dari keseluruhan dan dalam hubungan fungsional dalam bagian –bagian yang lain.
Pendiri konsepsi ini adalah Gestalf Wertheimeru
adalah proses diferensiasi(PERBEDAAN).
Perkembangan
itU adalah proses diferensiasi (PERBEDAAN).
Aliran ini juga menerangkan proses pengertian pada
anak-anak , berkembang dengan yang disebut Neo gestalf yang di peroleh oleh Kurt
Lewin
Proses
di stratifikasi terhadap differansiasi.struktur pribadi manusia terdiri dari
lapisan-lapisan yang makin lama makin bertambah.
· Masih
diikuti banyak orang, dan pengaruhnya semakin besar
3.
Aliran
sosiologi
Menganggap bahwa perkembangan itu adalah proses
sosialisasi anak manusia pada mulanya asosial / prasosial kemudian pada
perkembangan disosialisasikan.
Tokoh aliran ini adalah James Mark Baldwin (ahli
biologi psikologi filsafat sosiologi)pengaruh Baldwind terutama karena
hipotesanya tentang Circular Reaction , yang berpangkal pada kesejajaran antara
Ontogenese dan Psikologenese kesejajaran ini menerangkan perkembangan sebagai
proses sosialisasi dalam bentuk imitasi yang berlangsung dengan adaptasi dan
seleksi, berlangsung atas dasar hukum akibat / effect.
Kebiasaan2 itu adalah imitasi terhadap diri sendiri,
sedangkan imitasi menurut Baldwin ada 2:
a) Non
delibrate imitation, kesadaran itu sedikit sekali / tidak ada
b) Delibrate
imitation, ada kesadaran
4.
Konsepsi
Langeveld
Proses
perkembangan manusia berdasarkan 4 asas:
a) Asas
biologis
b) Asas
ketidakberdayaan
c) Proses
keamanan
d) Proses
explorasi
24 maret 2011HUKUM dan TEORI PERKEMBANGAN
A. HUKUM TEMPO
PERKEMBANGAN
Karteristik individu. Setiap
anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, tapi perbedaan itu sangat tipis.
Bisa dipercepat dengan cara pendidikan, tapi jika terlalu berlebihan dapat
berakibat tidak baik karena bisa merusak jasmani dan menimbulkan efek
psikologis yang lain .
B. HUKUM IRAMA
PERKEMBANGAN
Irama pada tiap individu itu
tidak ajeg dan pada saat tertentu akanm terjadi letupan-letupan /
kegoncangan-kegoncangan. Letupan pertama terjadi pada umur 3-7thn, letuypan
kedua terjadi pada umur 14-17thn.Masa remaja (Strum and Drang)
Remaja awal 11/12-14 tahun
Remaja tengah 14-17 tahun
Remaja akhir 17-21 tahun
C. TEORI MASA
PEKA
Masa
dimana suatu fungsi berkembang dengan baik.
Masa
peka pada setiap anak berbeda dan tidak bias ditentukan usianya. Inagtan logis
pada umur 12-13 tahun, menggambar pada umnur 5 tahun.
Maria
Montessori à guru itu
hanya bertugas mengikuti muridnya
Masa
peka fungsi itu hanya sekali dating maka dari itu jangan disia-siakan dan harus
dikembangkan.
Hokum
tempo Dan irama tidak hanya berbeda antar anak satu dengan anak yang lain, akan
tetapi fungsinya pu jg berbeda .
D. TEORI MASA
MENANTANG
Kegoncangan
kadang-kadang dapat membawa perubahan yang radikal pada anak umur 3-5 tahun dan
yang kedua pada umur 14-17 tahun. Pada saat itu anak memperlihatkan
kenakalannya.
E. TEORI
REKAPITULASI
Perkembangan
jiwa anak merupakan ulangan singkat dari perkembangan umat manusia
FAKTA
Anak kecil mempunyai kesamaan dengan bangsa primitive seperti: suka warna mencolok, suka music yang keras. Priodisasi sesuai dengan perkembangan anak sesuai dengan jalan perkembangan umat manusia.
1) Masa berburu (sampai usia 8 thn)
2) Masa berternak (8-10 thn) senang
memelihara binatang
3) Masa bercocok tanam (10-12 thn)senang
memelihara tanaman
4) Masa berdagang (12-14 thn)
Teori ini dikemukakan oleh
seorang ahli biologi bernama Hackl Jermah
F. TEORI
PENJELAJAHAN dan PENEMUAN
M.j.
Langeved seorang ahli pendidikan dari belandaà perkembangan itu sebagai proses
penjelajahan dan penemuan.
PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
1) Never ending procces
Perkembangan
itu adalah proses yang tidak pernah berhenti. Manusia itu terus menerus
berkembang dan berubah dan perkembangan itu dipengaruhi oleh belajar,
pengalaman mulai dari konsepsi –mati.
2) Semua aspek perkembangan itu saling
mempengaruhi
Aspek
perkembangan satu sama lain saling mempengaruhi seperti: intelegensi,
emosi, fisik
3) Perkembangan itu mengikuti pola / arah
terterntu
Terjadi
secara teratur dan mengikuti pola tertentu. Setiap perkembangan itu merupakan hasil
dari perkembangan sebelumnya dan merupakan syarat untuk perkembangan
selanjutnya. Contoh: sebelum anak berjalan anak belajar berdiri terlebih
dahulu.
YELOU dan WEINSTEN (1977) mengemukakan tentang 6 arah tertentu:
a) Cephalocaudal dan Proximaldistal
Perkembngan
itu mulai dari kepala ke kaki dan dari tengah ke samping
b) Struktur mendahului fungsi
Artinya:
anggota tubuh barun akan berfungsi kalo strukturnya sudah matang /
sempurna.
c) Perkembangan itu berdifrensiasi
Berlangsung
dari yang umum ke yasng khusus dalam semua aspek perkembangan, baik
motorik maupun psikis. Contoh: 1. Anak menendang-nendangkan kakinya, itu baru
bersifat umum. Tapi lama-kelamaan akan mempunyai arti.
d) Perkembangan itu berlangsung dari yang
konkrit ke yangb abstrak
Menghitung
menggunakan alat
e) Perkembangan itu dari egosentris ke
prespektif
Lingkungan
itu harus memperhatikan kebutuhan anak. Anak memiliki sikap simpati.
f) Perkembangan itu dari outter control to
inner control
Awalnya
dikontrol oleh orang lain dan selanjutnya akan bisa mengaontrol dirinya
sendiri.
4) Perkembangan itu terjadi pada waktu yang
berlainan
Perkembangan
otak mencapai puncaknya pada umur 6-8 tahun; Perkembagan kaki,tangan, hidung,
dan organ lain pada saat remaja; Perkembangan imajinasi kreatif masa
kanak-kanak puncaknya pada masa remaja.
5) Setiap tahap / fase perkembangan
mempunyai ciri tertentu
Anak
mulai mengenal lingkungan pada umur 2 tahun
Anak
sudah mengatahui lingkungannya dan tetangganya dan menjadi manusia yang
sosial pada umur 3-6 tahun.
5. Setiap individu yang normal akan
mengalami tahap / fase perkembangan
Mulai
dari konsepsi, janin, lahir, bayi, anak, remaja, dewasa, tua, mati.
FASE-FASE PERKEMBANGAN
Ø
Fase
= periodisasi adalah Pembagian masa penghidupan anak / tahap
Ø
Tiap-tiap
fase mempunyai struktur / sifat-sifat sendiri
Ø
Perubahan
dari fase yang satu kefase yang lain merupakan perubahan yang bersifat
kemajuan. Disebut juga sebagai tingkatan-tingkatan dalam penghidupan anak.
Ø
Para
ahli berbeda pendapat tentang fase-fase ini tergantung pada sistematik dan
pandangan penulis.
§
Periodisasi
tersebut sbb:
A.
BERDASARKAN
BIOLOGIS
I.
Aristoteles
a) 0.0 –
7.0
b) 7.0 –
14.0
c) 14.0 –
21.0
II.
Sigmund Freud
a) 0.0 –
1.0 fase oral
b) 1.0 –
3.0 fase anak
c) 3.0 -5.0
fase falis
d) 5.0 – 12.0 /
13.0 fase laTENT
e) 12.0 /
13.0 – 20.0 fase pubertas
B. BERDASARKAN
DIDAKTIS
I.
J.A. Comenius
Konsepsinya
macam-macam sekolah yang disesuaikan dengan perkembangan jiwa anak
a) 0.0 –
2.0 scola materna (sekolah ibu)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar