.....

Selasa, 11 Januari 2011

PENGANTAR PENDIDIKAN (PART 1)

22/10/2010
PENGANTAR PENDIDIKAN
Faktor2 pendidikan
menentukan / mempengaruhi proses pendidikan.
Prof.Dr.Sutari Imam Bernadil
  1. Tujuan yang ingin dicapai
  2. Adanya subyek pendidikan/anak didik
  3. Lingkungan
  4. Alat
Pendidikan merupakan suatu sistem
  • NOTONEGORO
Sistem adalah suatu rangkaian keseluruhan,kebutuhan dan keutuhan
  • KAMUS WEBSTER
Sistem adalah suatu kesatuan komplek yang terbentuk dr berbagai bagian yangb tunduk pada rencana umum / mengabdi pada suatu tujuan umum
Sistem adalah sekumpulan suatu objek yang bekerjasama yg mengatur interdependensi
  • ROGER A.KACIEFMAN
Sistem adalah jumlah keseluruhan dari bagian2 yang bekerjasama untuk mencapai hasil yg diinginkan berdasarkan atas kebutuhan2

22/10/2010
TUJUAN
PESERTA DIDIK PESERTA DIDIK
LINGKUNGAN ALAT

Komponen sentral pendidik
TUJUAN
INTERAKSI
PENDIDIK PESERTA DIDIK

Tujuan tidak dapat dicapai sekaligus tapi secara bertahap
  • Tujuan umum
  • Tujuan institusional
  • TujuanKurikuler
  • Tujuan instruksional
FUNGSI TUJUAN BAGI PENDIDIKAN:
  1. Sebagai arah pendidikan
  2. Tujuan sebagai titik akhir
  3. Tujuan sebagai titik pangkal mencapai tujuan akhir
  4. Memberi nilai pada usaha yang dilakukan
MACAM-MACAM TUJUAN
  1. Tujuan umum/tujuan akhir
Msl:kedewasaan,menjadi peribadi yang susila
  1. Tujuan khusus
Tergantung kepada anak didik
  1. Tujuan tak lengkap
Salah satu dari asspek kepribadian
Kemampuan kognitif (pengetahuan)
Kemampuan afektif (sikap dan nilai)
Semuanya harus dikembangkan secara sejajar
Secara hierarki
Tujuan nasional
tujuan institusional
Tujuan kurikuler
Tujuan instuctional
(yang baca dari bawah keatas)

29/10/2010
PENDIDIKAN,PENDIDIK,ANAK DIDIK,MENDIDIK
Pendidikan adalah proses perubahan cara berpikir/ cara bertingkah laku dengan cara belajar,bimbingan,latihan pendidikan (proses pendidikan)
Mendidik adalah memberikan sesuatu yang berdampak positif baik berupa akhlak kecerdasan
Didikan adalah hasil yang diperoleh dari mendidik
Menurut para ahli:
DWI NUGROHO HIDAYANTO
Pendidik itu meliputi:
  • Orang dewasa
  • Orang tua
  • Guru
  • Pemimpin masyarakat
  • Pemimpin agama
DIRTO HADI SUSANTO
Pendidik itu ada tiga:
1.Orang yang terpanggil dengan tugas suci
2.Menyayangi dan mencintai peserta didik
3.Mempunyai rasa tanggung jawab yang didasari rasa memenuhi tugasnya
(ketiganya merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan)
NOENG MOCHAJIR
Syarat seseorang bisa disebut sebagai pendidik:
1.Memiliki pengetahuan yang lebih
2.Mengimplitasikan nilai2 dalam pengetahuannya itu
3.Bersedia menularkan pengetahuan dan nnilai2nya kepada orang lain
Pendidik itu mempunyai peran utama dlm membangun fundamen2 hari depan bangsa
5/11/2010
PESERTA DIDIK
Pandangan pendidik terhadap peserta didik akan mempengaruhi strategi dan teknis dlm melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
GABRIEL MARCEL
Mengatakan bahwa manusia itu bukanlah problem yg habis dipecahkan melainkan misteri yang tak mungkin disebutkan sifat dan cirinya secara tuntas maka dari itu harus dipahami dan dihayati
VAN PSEURSEN
Yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah bahwa manusia tdk pernah menceburkan dirinya sendiri sepenuhnya ke dalam suasana sekeliling.sebaiknya manusia itu tdk pernah tertutup rapat2 dalam lingkungan hidupnya dan tindakkannya dilakukan secara naluriah,insting,kodrati.
FAKTOR2 YANG MEMPENGARUHI PESERTA DIDIK
  • NATIVISME
Perkembangan anak hanya ditentukan oleh bawaan.Anak lahir ada yg bawaannya baik dan buruk sehingga pembawaan dominan dlm perkembangan hidupnya.Tokohnya Schopenhoker
  • IMPERISME
Perkembangan anak tergantung lingkungan.Pembawaan tidak mempengaruhi sama sekali. Tokohnya Jhon Lock dlm bkunya Tabularasa
  • NATURALISME
Naturslisme hampir sama dengan nativisme. Semua anak dilahirkan dengan pembawaan yang baik. Pembawaan yang baik akan rusak jika dipengaruhi oleh lingkungan. Tokohnya J.J. Rousseau
  • KONVERHENSI
Gabungan dari nativisme dan imperisme disertai dengan pembawaan baik dan buruk. Faktor lingkungan dan bawaan sama2 mempunyai peranan yang baik.
26/11/2010
FAKTOR ALAT PENDIDIKAN
Alat pendidikan adalah suatu tindakan yang disengaja dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan
Contoh: Menempelkan gambar orang shalat,Tujuannya agar anak rajin sholat
Dalam arti yang luas
Alat pendidikan termasuk faktor 2 pendidikan yang lain
Contoh: Tujuan,Lingkungan peserta didik
Macam2 alat pendidikanSegala perlengkapan yang dipakai dalam proses pendidikan itu disebut alat pendidikan. Aalat yang merupakan faktor pendidikan tdk hanya sebagai alat tetapi jg membantu mencapai tujuan.
Dari segi wujudnya dapat dibedakan menjadi:
  • Perbuatan atau tindakan yang disebut dengan software/non material
    Contoh:Nasehat,bimbingan,teladan,anjuran,peringatan,hukuman,pujian,teguran,peringatan.
Bersifat menunjukkan: Nasehat,keteladanan,bimbingan,dorongan
Bersifat mencegah: Larangan,hukuman.

  • Berwujud benda sebagai alat bantu Hardware/bersifat material
Contoh:Meja,papantulis,LCD
J.H. PESTALOZZI (bapak pengajaran dan perataan)
Alat pendidikan yang berupa material harus mutlak ada dalam system pendidikan
(mengembangkan fungsi dan peranan alat peraga dalam pelaksanaan pendidikan terutama dalam metode induktif)
Metode induktif adalah cara berfikir dari yasng khusus menuju ke yang umum
Prinsip PestalozziBelajar itu harus dimulai dari yang diketahui menuju ke yang tidak diketahui,dari yang umum menuju ke yang kompleks,Dari yang kongkrit menuju ke yang abstrak,Dari yang khusus ke yang umum.
Dalam memilih alat harus memperhatikan:
  1. Tujuan yang hendak dicapai
-Alat yang dipilih harus sesuai dengan tujuannya
  1. Orang yang menggunakan alat itu
-Harus digunakan secara efektif dan efisien
  1. Pada Siapa alat ini diterapkan
-Fisik anak itu
-Kemampuan anak itu
  1. Alat yang mana / yang bagaimana yang cocok
Penggunaan alat pendidikkan yg berbentuk tindakan dengan keteladanan ini tentu akan muncul identifikasi (penyamaan diri yang ditiru). Identifikasi yang dapat membentuk kepribadian.
10/12/2010
METODE PENDIDIKAN
  • Metode pendidikan adalah Cara yang digunakan orang dalam membantu dan membimbing anak dalam pertumbuhan jiwa dan seluruh peribadinya dan untuk mencapai jati diri dan kedewasaannya.
  • Kegiatan ini dapat berlangsung dimana saja
  • Metode pengajaran adalah cara yang digunakan untuk menyajikan berbagai ilmu pengetahuan , teknologi ketrampilan sebagaimana yang disamakan di sekolah2
  • Ruang lingkup mendidik lebih luas daripada mengajar karena meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.Terutama menyangkut nilai2 seperti nilai agama,nilai keagamaan, nilai kemasyarakatan, nilai kesusilaan, nilai kebudayaan, nilai kesenian, nilai kemanusiaan, dsb.
  • Mengajar hanya meliputi bidang ilmu pengetahuan,teknologi,dan ketrampilan.
  • Bervariasi:Cara dan bentuknya bermacam2 kompleks karena banyak cara dan bentuk bisa digunakan sekaligus.
  • Baik metode pendidikan maupun metode pengajaran # merupakan upaya untuk menyampaikan pesan / message pada anak didik.
PEMILIHAN DAN PENERAPAN METODE PENDIDIKAN
-Pendidikan adalah suastu seni disebut juga seni mendidik karena situasi pendidikan itu sangat beranekaragam dan banyak faktor2 yang mempengaruhinya
-Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih metode pendidikan adalah:
  1. Kepentingan anak didik
  2. Tujuan pendidikan
  3. Isi / materi pendidikan
-Anak adalah makhluk yang potensial, mempunyai bakat, minat, kemauan, cita2.
-Anak adalah pribadi yang unik / yang berbesatu sama lainnya <Individual difference>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com