Pemilihan strategi mengajar yang
tepat
Guru
dalam mengajar harus memilih strategi yang tepat dan ini merupakan efektifitas
guru. Menurut Peter Drucker (1967) efektifitasitu dapat dipelajari.
Efektifitas
dalam mengajar meliputi bagaimana mengelola 5 hal (peter Drucker) yaitu meliputi:
- Pengelolaan waktu
- Pemilihan apa yang harus disampaikan (materi)
- Mengetahui dimana dan bagaimana menerapkannya seefektif mungkin (metode)
- Menentukan prioritas yang tepat
- Menjalin semua iti (yang satu dengan yang lain)untuk memperoleh yang efektif
Guru
harus mengetahui kapan ia harus memberi informasi kepada siswa/murid dan kapan
guru harus membiarkan murid mencari informasi sendiri.
Dalam
memilih strategi guru harus memperhatikan 3 kriteria yaitu:
- Sifat dari tujuan yang harus dicapai
- Kebutuhan untuk memperkaya pengalaman belajar seperti meningkatkan motivasiintrinsik dan ekstrinsik
- Kemampuan siswa
Macam-macam
strategi belajar aktif:
Card Sort (mensortir kartu sesuai dengan
kategori)
Langkah-langkah:
1) Bagikan
kertas yang berisi informasi / langkah2 dalam satu kategori tertentu
2) Mintalah
siswa/mahasiswa untuk mencari kawan yang memiliki kertas dengan kategori yang
sama
3) Setelah
menemukan kawan2 dalam satu kategori, mintalah mereka menyusunnya dengan benar
4) Mintalah
siswa untuk menjelaskan kategori tersebut di depan kelas
5) Setelah
semua kategori dijellaskan, beri penjelasan tentang hal-hal yang masih
dipandang perlu
Index Card Match
Langkah-langkah:
1) Buatlah
potongan-potongan kertas sejumlah siswa dalam kelas dan kertas tersebut dibagi
menjadi dua kelompok
2) Tulis
pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada potongan kertas
yang telah disiapkan. Setiap kertas satu pertanyaan
3) Pada
potongan kertas lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah
dibuat
4) Kocoklah
semua kertas tersebut sehinga akan tercmpur antara soal dan jawaban
5) Bagikan
setiap siswa satu kertas. Jelaskan bahwa ini aktivitas yang dilakukan
berpasangan. Sebagian siswa akan mendapatkan soal dan sebagian yang lain akan
mendapatkan jawaban
6) Mintalah
siswa untuk mencari pasangannya. Jika sudah ada yang menemukan pasangannya,
minta untuk duduk berdekatan. Jelaskan juga agar mereka tidak memberitahu
kepada teman yang lain
7) Setelah
semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdwkatan, minta setiap pasangan
secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara keras kepada
teman-teman lainnya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya.
Demikian seterusnya.
8) Akhiri
proses ini dengan memebuat klarifikasi dan kesimpulan
Jigsaw Learning
Langkah-langkah:
1) Pilih
materi pembelajaran yang dapat dibagi menjadi beberapa segmen (bagian)
2) Bagi
siswa memjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen yang ada. Jika
jumlah siswa 25 sementara jumlah segmrn ada 5 maka masing-masing kelompok
terdiri dari 5 orang
3) Setiap
kelompok mendapat tugas memebaca, memahami dan mendiskusikan serta memebuat
ringkasan materi pembelajaran yang berbeda
4) Setiap
kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari di kelompoknya
5) Kembalikan
suasana kelas seperti pemula kemudian tanyakan seandainya ada
persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok
6) Beri
siswa pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadp materi yang dipelajari
Point Counterpoint
Langkah-langkah:
1) Pilih
satu topikyang mempunyai dua prespektif/pandangan atau lebih
2) Bagi
kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan prespektif/pandangan yang ada
3) Pastikan
bahwa masing-masing kelompok duduk pada tempat yang terpisah
4) Mintalah
masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen-argumen sesuai berdasarkan
perspektif kelompoknya
5) Pertemukan
kembali masing kelompok dan beri kesempatan salah satu kelompok tertentu untuk
memulai berdebat dengan menyampaikan argumen-argumen yang disepakati dalam
kelompok
6) Undang
anggota kelompok lain untuk menyampaikan pandangan yang berbeda. Demikian
seterusnya
7) Beri
klarifikasi atau kesimpulan dengan membandingkan isu-isu yang anda amati
Information Search
Langkah-langkah:
1) Bagikan
resource material (bacaan, textbook, handouts, dokumen, dll)
2) Susunlah
sejumlah pertanyaan yang jawabannya bisa dicari pada resource material tersebut
3) Untuk
menumbuhkan persaingan, bagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok kecil
4) Setelah
selesai, bahas jawaban yang benar secara bersamadalam sebuah diskusi kelas.
Kembangkan jawaban tersebut untuk memperluas cakupan belajar
Learning Starts With a Question
Langkah-langkah:
1) Bagikan
bahan belajar yang anda pilih kepada mahasiswa
2) Minta
mereka untuk mempelajari bahan tersebut bersama dengan seorang teman
(berpasangan)
3) Mahasiswa
menentukan bagian (hal-hal) yang belum dimengerti dan diberi garis bawah atau
menulis pertanyaan disampingnya
4) Setelah
sekian waktu berselang, kumpulkan semua pertanyaan itu, dan anda memulai kuliah
dengan menjawab atau menjelaskan hal-hal yang mereka tanyakan
Everyone is a teacher here:
Langkah-langlah:
1) Bagikan
kertas (card) kepada setiap mahasiswa dan mintalah mereka untuk menuliskan
sebuah pertanyaan tentang materi kuliah yang telah atau sedang dipelajari, stsu
topik khusus yang ingin mereka diskusikan
2) Kumpulkan
kertas-kertas terebut, diaduk, dan bagikan kembali kepada masing-masing
mahasiswa. Suruh mahasiswa membaca pertanyaan di kertas masing-masing, sambil
berpikir bagaimana jawabannya.
3) Undang
volunter (sukarelawan) untuk maju ke depan dan membacakan pertanyaan yang ada
di tngannya, serta memberikan respon (jawaba/ penjelasan) atas pertanyaan
tersebut. Kembangkan diskusi
The power of two
Langkah-langkah:
1) Ajukan
satu/dua pertanyaan yang membutuhkan perenungan (reflection) dan pemikiran
(thinking)
2) Minta
mereka menjawab pertanyaan tersebut secara perorangan
3) Setelah
semua menyelesaikan jawabanya, kelompokan mereka dua-dua(berpasangan)
4) Masing-masaing
pasangan diminta untuk saling menjelaskan jawaban masing-masing, kemudian
menyusun jawaban baru yang disepakati bersama
5) Setelah
masing-masing pasangan menulis jawaban mereka, perintahkan mereka membandingkan
jawaban tersebut denganpasangan lain
Snowballing
Langkah-langkah:
1) Adakan
grouping (pengelompokan), masing-masing terdiri dari dua/tiga orang mahasiswa
2) Kemudian
ajukan sebuah pertanyaan /permasalahan untuk dibahas dan dicarikan jawaban
/pemecahannya
3) Setelah
sekian menit, masing-masing grup tadi digabung, sehingga jumlah anggota group
berubah dari dua menjadi empat/tiga menjadi enam
4) Pada
grup yang baru ini mereka diminta melakukan sharing pendapat dan merumuskan
jawaban baru yang disepakati bersama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar